Anda pernah merasakan menggunakan komputer yang tidak ada aplikasi yang biasa anda gunakan? Ingin membawa aplikasi yang anda gunakan kemanapun anda pergi? Dengan aplikasi portabel yang bisa dimasukkan dalam USB flash drive, anda bisa menjawab semua pertanyaan tadi.

Portable application suites, begitu bahasa inggrisnya, adalah sederetan aplikasi portable yang terdapat dalam satu platform. Jadi, aplikasi-aplikasi itu terdapat dalam satu paket seperti menu yang bisa dibuka tutup seperti ketika klik Windows start.

Ada 3 deretan aplikasi portable yang ada. Berikut kami ulas untuk anda.

1. PortableApps.com Suite
Aplikasi ini paling populer karena banyak paket yang sering kita gunakan dan open source. Ada 3 jenis pilihan paket dalam PortableApps.com, yakni:
1. Platform
2. Suite Light
3. Suite Standard

2. WinPenPack
Ada beberapa paket dalam WinPenPack ini.
- 2 Gb
- Essential
- Game
- School
- Web
- Personal
Paket web berisi software yang berhubungan dengan web. Untuk paket game, berisi game saja.

3. Lupo Pen Suite
Yang ini memiliki lebih dari 200 software dan game.
Ada 3 jenis paket juga, mirip dengan PortableApps.com, yakni:
1. Full
2. Lite
3. Zero
Lupo Pen Suite menyediakan ribuan software portable tambahan yang tidak semuanya dimasukkan ke dalam paket, ia juga menyediakan beberapa skins untuk mengganti skin bawaan.

Meskipun paket aplikasi portable ini biasanya digunakan di USB flash drive, tidak ada salahnya juga untuk digunakan di komputer atau PC. Keuntungannya adalah, kita tidak perlu menginstal satu per satu software, cukup sekali install saja dan semua software kita ikut terinstall (yang tersedia di paketnya).